13 Penyebab Kepala Bayi Panas

info-sehat.com – Orang tua seringkali khawatir dengan gejala-gejala yang terjadi pada bayinya, salah satunya adalah kepala bayi panas. Tetapi panas pada kepala bayi belum tentu bayi mengalami sakit. Bisa saja itu adalah gejala normal. Artikel berikut ini menjelaskan berbagai penyebab kepala bayi panas.

Penyebab Kepala Bayi Panas
Penyebab Kepala Bayi Panas

1. Suhu Ruangan Yang Tinggi

Suhu ruangan yang tinggi menyebabkan kenaikan suhu badan bayi. Sedangkan bayi biasanya akan membuang panas yang berlebih dalam tubuhnya melalui kulit kepala.

2. Bangun Tidur

Suhu badan bayi biasanya meningkat setelah bangun tidur. Bayi tidak bisa bergerak banyak ketika tidur. Bisa saja ada bagian kepala tertekan terlalu lama. Sehingga hal ini menyebabkan kepala bayi menjadi panas.

3. Tipisnya Kulit Kepala Bayi

Kulit kepala bayi memiliki banyak pembuluh darah dan lebih tipis daripada milik orang dewasa. Bayi akan membuang suhu tubuhnya yang tinggi melalui kulit kepala. Sehingga suatu hal yang wajar apabila kepala bayi panas untuk menjaga suhu tubuhnya tetap normal.

4. Memakai Penutup Kepala

Kepala bayi bisa menjadi panas apabila orang tua memakaikan penutup kepala yang terlalu tebal dan sempit.

5. Bayi Mandi Dengan Air Hangat

Air yang hangat akan membuat badan bayi juga mengalami kenaikan suhu. Sehingga bayi akan mengeluarkan panas dalam tubuhnya melalui kulit kepala.

6. Pasca Imunisasi

Bayi yang baru saja mendapatkan imunisasi akan mengalami reaksi yang bermacam-macam pada tubuhnya. Ada yang ruam-ruam, ada yang demam atau bahkan panas hanya pada bagian kepala. Gejala-gejala ini akan menghilang dengan sendirinya. Namun apabila panas pada kepalanya terjadi hingga berhari-hari, maka periksakan ke dokter.

7. Memakai Selimut Tebal

Penggunaan selimut dan sprei yang berlapis-lapis atau tebal akan membuat suhu badan bayi meningkat. Sehingga wajar apabila bayi mengeluarkan panas dalam tubuhnya melalui kulit kepalanya.

8. Memakai Pakaian Yang Tebal

Bayi yang memakai pakaian yang terlalu tebal akan merasa kepanasan bahkan sampai keluar keringat. Hal ini juga menyebabkan kepala bayi menjadi lebih panas. Biasanya, keringat akan banyak keluar di area kepala. Karena bayi memiliki kelenjar keringat yang aktif pada bagian kepala terlebih dahulu.

9. Alergi Olahan Susu

Bayi yang sudah melewati masa 6 bulan ASI eklusif, biasanya akan diberi makanan pendamping ASI. Seperti yogurt, keju atau olahan susu lainnya. Sebagian bayi memang ada yang memiliki alergi terhadap olahan susu. Dan bisa jadi efek dari alergi tersebut yaitu terjadi peningkatan suhu dibagian kepala.

10. Tumbuhnya Gigi Bayi

Tumbuhnya gigi pada bayi bisa menyebabkan kepala bayi menjadi panas. Tapi biasanya, panas karena tumbuh gigi terjadi diseluruh tubuhnya. Jadi orang tua sebaiknya mengecek suhu badan bayi menggunakan termometer.

11. Pertanda Demam

Ketika kepala bayi mengalami panas, segeralah periksa suhu tubuhnya menggunakan termometer. Hal ini untuk memastikan bayi mengalami demam atau panas di kepala saja. Karena biasanya orang tua hanya mengukurnya melalui rabaan tangan sehingga tidak akurat.

12. Infeksi Di Kepala

Infeksi yang terjadi di bagian hidung, telinga, tenggorokan atau bagian kepala lainnya dapat menyebabkan kepala bayi panas. Panas merupakan akibat dari proses kekebalan tubuh atau imun yang melawan infeksi tersebut.

13. Infeksi Saluran Pernapasan

Apabila bayi mengalami panas di kepala disertai batuk pilek atau suhu badan yang naik turun, bisa jadi itu infeksi saluran pernafasan. Segeralah bawa bayi anda ke dokter. Itulah beberapa penyebab kepala bayi panas. Semoga bisa membantu orang tua mencegah dan mengatasi terjadinya panas pada kepala bayi. Untuk lebih meyakinkan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *