5 Jenis Obat Tradisional Ambeien Paling Ampuh di Sekitar Kita

info-sehat.com – Ambeien. Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi di pikiran Anda. Penyakit ambeien atau yang biasa dikenal dengan wasir (hemmoroid) ini merupakan penyakit yang dapat terjadi di bagian anus. Penyakit ini terjadi bila pembuluh darah venus yang mengembang atau membesar dan bengkak di sekitar anus.

 Jenis Obat Tradisional Ambeien Paling Ampuh
ilustrasi (pic: hellosehat.com)

Penderitanya biasanya kesulitan untuk BAB (Buang Air Besar) dan kadang ketika BAB terasa sakit disertai darah yang keluar. Banyak cara untuk mengobati penyakit ambeien ini. Ada yang secara modern, ada juga yang diobati dengan obat tradisional. Berikut ini beberapa obat tradisional ambeien paling ampuh yang ada di sekitar kita.

5 Jenis Obat Tradisional Ambeien Paling Ampuh

1. Jeruk Nipis

Bila di sekitar lingkungan Anda melimpah jeruk nipis, bisa Anda manfaatkan akar jeruk nipis untuk mengobati penyakit ambeien yang Anda derita. Ambil akar jeruk nipis 15-20 gram dan daun ungu segar 10-15 gram.

Caranya, pertama-tama cuci sampai bersih akar jeruk nipis dan daun ungu segar. Kemudian rebus dengan menambahkan tiga gelas air. Rebus sampai mendidih dan sampai tinggal hanya satu gelas. Kemudian minum air rebusan akar jeruk nipis dan daun ungu tadi setengah gelas setiap hari.

2. Bayam

Sayuran yang satu ini sangat banyak ditemukan di pasar tradisional, dan harganya pun sangat murah. Tapi banyak yang tidak menyangka kalau bayam bisa digunakan untuk mengobati penyakit wasir. Caranya ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya.

Kemudian cuci sampai bersih, dan rebus sampai mendidih. Bila sudah mendidih, angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar dapat Anda gunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat dapat Anda gunakan untuk merendam wasir.

3. Daun Sosor Bebek

Daun yang mudah dijumpai yang biasanya dijadikan tanaman hias halaman rumah ini sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Caranya, pertama ambil daun sosor bebek segar sekitar 25 gram. Kedua, cuci bersih daun sosor bebek tersebut.

Ketiga, rebus daun sosor bebek dengan dua gelas air. Terakhir, tunggu sampai mendidih, dan airnya tinggal separuhnya. Minum air rebusan daun sosor bebek tersebut setiap hari sampai penyakit ambeien Anda sembuh.

4. Air Putih

Banyak orang yang menyebut air adalah sumber kehidupan. Air putih sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Meminum air putih dalam jumlah yang banyak, minimal delapan gelas per hari berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menetralisir racun di dalam tubuh.

Lalu bagaimana khasiat air putih untuk penderita ambeien? Dengan meminum air putih yang banyak, maka rasa nyeri yang ditimbulkan oleh ambeien akan berkurang sekaligus akan membuat BAB Anda lancar.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis memiliki segudang manfaat, terutama untuk kesehatan dan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahan ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Caranya ambil kulit manggis secukupnya, lalu dikeringkan.

Setelah kering, kulit manggis tersebut direbus sampai mendidih. Minum segelas air rebusan kulit manggis pada pagi dan malam hari. Minuman dari kulit manggis ini akan meringankan penyakit ambeien yang Anda derita, dan lama-kelamaan penyakit ambeien Anda akan sembuh.

Itulah ulasan beberapa obat tradisional ambeien paling ampuh yang bisa menjadi referensi untuk mengobati penyakit ambeien yang Anda derita. Selain mudah di dapatkan dari sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, beberapa obat tradisional tersebut harganya sangat terjangkau dan tidak menimbulkan efek samping.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *