8 Cara Mengatasi Bayi Cegukan

info-sehat.com – Cegukan lazim dialami setiap orang, tak terkecuali bayi sekalipun. Sering kali, cegukan pada bayi membuat si orang tua bayi khawatir, bahkan panik. Namun, sebenarnya, cara mengatasi bayicegukantidak terlalu sulit dan tidak merepotkan. Bahkan, dengan dibiarkan saja, cegukan pada bayi dapat hilang. Pun demikian, cegukan harus ditangani dengan baik dan tepat.

Sebenarnya, cegukan merupakan reaksi biologis. Lazimnya, cegukan bukanlah masalah besar. Cegukan pada bayi biasanya terjadi karena kebanyakan makan, bayi merasa tegang, atau ada udara yang masuk ketika mengonsumsi makanan atau ASI. Jadi, orang tua tidak perlu panik akan hal tersebut. tetap tenang dan lakukan beberapa cara efektif dan efisien berikut ini.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan
Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Cegukan Bayi

1. Menenangkan Bayi

Biasanya, cegukan pada bayi disebabkan ada udara yang masuk saat disusui. Hal tersebut membuat bayi panik, sehingga bayi mengalami cegukan. Ibu si bayi tidak usah ikut panik jika mengalami hal seperti ini. Sebaiknya, ibu si bayi merilekskan atau menenangkan si bayi terlebih dahulu.

Si ibu harus menghentikan proses menyusui bayi sejenak. Ibu dapat merubah posisi si bayi dan menghiburnya agar rileks. Perlahan, bayi akan tenang dan berselang selama beberapa menit, cegukannya akan reda. Saat menyusui, posisikan bayi dengan kepala lebih tinggi dari perutnya dan jangan sampai menekuk pada leher. Hal ini dapat meredakan cegukan bayi secara efektif dan cepat.

2. Memberi Makanan Khusus Bayi

Hal ini dapat dilakukan jika setelah beberapa menit, cara yang pertama tidak membuahkan hasil. Yang perlu dicatat, hal ini sebaiknya dilakukan untuk bayi yang cegukan ketika menyusu pada Ibu. Tentunya, makanan tersebut adalah makanan yang cocok untuk bayi. Pemberian makanan ini patut dicoba. Cara ini dianjurkan untuk bayi yang sudah agak besar.
Makanan khusus ini dapat berupa buah pisang atau biskuit yang cocok untuk bayi. Yang perlu diingat, tidak boleh terlalu banyak memberikan makanan pada bayi.

3. MenyendawakanBayi

Cegukan bayi dapat hilang dengan menyendawakannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menepuk lembut punggung bayi. Bayi juga harus digendong saat melakukan ini. Cara ini dapat dilakukan selama satu menit lebih sampai bayi bersendawa dan cegukannya hilang.

4. Membaringkan Bayi Dengan Lutut Ditekuk

Cara ini cocok untuk bayi yang sudah berumur cukup banyak, bukan bayi yang masih berusia beberapa bulan. Cara semacam ini dapat membuat bayi rileks.

5. Memberi Bayi Minum Air Hangat

Cara ini juga sebaiknya dilakukan untuk bayi sudah berumur cukup, bukan bayi yang masih baru lahir. Pemberian minum ini sebaiknya sedikit demi sedikit menggunakan sendok. Lakukan perlahan dan tunggu sampai bayi reda bercegukan.

6. Memberikan Sesuatu Yang Dapat Diisap Bayi

Hal ini biasa dipraktikkan oleh sebagian orang tua. Anda dapat mencobanya untuk mengatasi cegukan pada bayi Anda. Perlu dicatat, sesuatu yang diisap harus aman. Sesuatu yang diisap tersebut tersedia di toko perlengkapan alat merawat bayi.

7. Periksa Ke Dokter

Cara ini dilakukan apabila bayi mengalami cegukan yang tidak biasa. Hal tidak biasa tersebut berupa cegukan yang mengganggu aktivitas makan dan tidur si bayi. Selain itu, bayi yang sering cegukan dan tak terkendali cegukannya, segera periksakan ke dokter anak atau bayi.

Beberapa cara tersebut dapat Anda coba apabila menemui anak Anda yang masih bayi cegukan. Anda sebagai orang tua tidak perlu panik. Cara di atas begitu sederhana dan mudah untuk diterapkan. Yang perlu diingat, segera bawa ke dokter apabila terjadi sesuatu yang tidak biasa dengan cegukan bayi Anda.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *