8 Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

info-sehat.com – Seorang Ibu yang tengah hamil rentan kekurangan darah. Kondisi ini menyebabkan sering merasa pusing, lesu, dan bahkan pingsan. Seorang ibu hamil membutuhkan sel darah merah lebih banyak, karena energinya dibagi dengan bayi yang ada di dalam kandungannya.Ada beberapa buah yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah marah ini.

Sebenarnya, bahan-bahan tersebut tidak hanya terbatas pada buah saja, namun sayuran dan kacang-kacangan juga. Dalam artikel ini akan diulas tentang beberapa buah penambah darah untuk ibu hamil yang berkhasiat tinggi.

Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil
fruit pic: clipground.com

1. Kurma

Buah yang hidup di daerah Arab ini mempunyai khasiat tinggi dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Kurma mempunyai kandungan yang dapat meningkatkan HB dengan cepat. Selain itu, di dalam kurma juga terkandung kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin A, dan magnesium.
Beberapa kandungan di atas dapat membuat ibu hamil semakin berenergi. Tentunya harus selalu disuplai energy lebih mengingat ia juga membagi energy dengan bayi yang ada di dalam kandungannya. Kurma sebaiknya dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.

2. Semangka

Buah yang dagingnya merah menyala ini, ternyata dapat meningkatkan HB. Buah ini juga mengandung likopen yang bermanfaat untuk membuat energi tubuh seorang ibu hamil tetap stabil. Lebih lanjut, buah yang banyak mengandung air ini juga bermanfaat dalam membantu penyerapan kalsium menjadi lebih cepat. Lemak juga cepat dilarutkan oleh buah ini.
Seorang ibu hamil seharusnya mengonsumsi buah ini secara rutin agar tidak lemas dan kesehatan bayi tetap terjaga.

3. Delima

Buah manis ini memiliki kandungan zat besi alami yang mampu meningkatkan HB seorang ibu hamil. Di dalamnya terdapat juga kandungan vitamin c, vitamin A, dan vitamin E. Selain itu, di dalamnya juga terkandung asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kesehatannya juga semakin terjaga dengan antioksidan yang tinggi.
Mengingat kandungan-kandungan tersebut, ibu hamil sudah selayaknya mengonsumsi buah yang satu ini secara rutin.

4. Bit

Buah satu ini mengandung zat besi dan antioksidan. Dua kandungan tersebut berguna untuk mengatasi anemia. Selain itu, keduanya juga mampu mencegah radikal bebas.
Buah bit juga memiliki kandungan asam folat yang bermanfaat mencegah cacatnya janin saat memasuki masa kehamilan.

5. Labu

Yang berguna untuk meningkatkan darah ini bukanlah daging buahnya, tetapi biji buah labu tersebut. Bijinya mengandung zat besi yang berfungsi meningkatkan HB. Selain itu, bijinya juga mengandung seng, omega 3 dan vitamin c.

6. Kismis

Buah manis agak asam ini mempunyai khasiat dapat meningkatkan HB darah seorang ibu hamil. Cukup dengan segenggam kismis, HB darah ibu hamil akan bertambah.

7. Kentang

Buah kentang memiliki khasiat meningkatkan HB darah. Untuk manfaat yang maksimal, kentang sebaiknya direbus, bukan diolah dalam bentuk yang lain.

8. Kelengkeng

Buah lezat nan manis yang satu ini memiliki kandungan zat besi. Zat besi ini mampu meningkatkan kandungan HB darah. Sebaiknya seorang ibu hamil mengonsumsi buah ini secara teratur agar mendapatkan tambahan darah yang sesuai.

Demikian tadi beberapa buah yang dapat Anda manfaatkan untuk menambah darah seorang ibu yang tengah hamil. Hal ini sangat penting diperhatikan, agar ibu yang tengah hamil berikut kandungannya senantiasa dalam keadaan sehat. Selain itu, buah di atas juga bermanfaat untuk menyeimbangkan energi ibu hamil. Dengan berbagai buah yang telah disebutkan di atas, seorang ibu akan lebih mudah dalam melewati masa kehamilannya.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *