Cara Ampuh Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

info-sehat.com – Rambut merupakan mahkota bukan hanya bagi wanita, namun juga bagi laki-laki. Kesehatan rambut akan menunjang penampilan seseorang dan membuatnya lebih percaya diri. Namun, tak sedikit orang yang mengalami masalah pada rambut.

Bukan hanya ketombe, rambut rontok menjadi masalah yang tidak bisa disepelekan. Apakah anda salah satu yang mengalami kerontokan rambut? Jangan khawatir, kami akan bagikan informasi mengenai cara mengurangi rambut rontok secara alami.

Ilustrasi Rambut Rontok (pic: static.independent.co.uk)

Berikut beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengurangi masalah rambut rontok anda secara alami.

1. Lidah Buaya

Tanaman ini bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan tetapi juga bagi kesehatan rambut anda. Lidah buaya dipercaya dapat merangsang tumbuhnya rambut pada kulit kepala. Cara penggunaannya cukup mudah.

Pertama, ambil satu potong lidah buaya lalu ambil dagingnya dan usapkan dari kulit kepala sampai ujung rambut secara merata. Kemudian pijat secara perlahan. Biarkan kurang lebih lima belas menit. Setelah itu, bilas rambut anda dengan air bersih.

2. Jeruk nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat bagi kesehatan rambut. Cara penggunaannya dengan memotong jeruk menjadi beberapa iris. Kemudian gosokkan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih atau bisa juga menggunakan shampo.

3. Minyak Kemiri

Sudah sejak dulu kemiri dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan rambut. Kandungan minyak pada kemiri sekitar 60 % – 65 %. Minyak inilah yang berkhasiat merangsang pertumbuhan dan kekuatan akar rambut kulit kepala anda.

Selain itu, minyak kemiri juga mampu menghitamkan dan menyuburkan rambut. Yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mengatasi rambut rontok. Cara penggunaannya yaitu sangrai biji kemiri secukupnya lalu tumbuk hingga halus.

Penumbukan ini berfungsi untuk mengeluarkan minyak yang ada pada biji kemiri. Setelah itu, usapkan minyak tersebut pada rambut anda dan biarkan beberapa jam. Jika sudah selesai bilas dengan shampo.

4. Alpukat

Alpukat juga dapat digunakan mengurangi rambut rontok. Hal ini karena alpukat mengandung protein yang dapat memberi nutrisi pada rambut sehingga rambut menjadi kuat.

Caranya kupas buah alpukat lalu haluskan. Setelah itu, oleskan pada kulit dan rambut kepala anda sampai merata. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan shampo atau air bersih.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti minyak wijen, zaitun, ataupun minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Salah satunya yaitu mengurangi rambut yang rontok. Cara penggunaannya cukup mudah.

Oleskan salah satu minyak esensial tadi secara merata pada kulit dan juga rambut kepala anda sambil dipijat perlahan. Biarkan sampai beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Yogurt

Selain bermanfaat untuk kecantikan karena dapat dijadikan masker, yogurt juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi masalah rambut rontok. Caranya siapkan yogurt secukupnya kemudian oleskan pada kulit dan rambut kepala secara merata sambil anda pijat perlahan. Kemudian biarkan sekitar lima belas menit lalu bilas dengan air bersih atau shampo.

7. Teh Hijau

Teh hijau biasanya digunakan bagi seseorang untuk melangsingkan badan. Namun, manfaat lain yang terkandung dalam teh hijau ternyata mampu mengurangi rambut rontok secara alami. Hal ini karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Caranya seduh teh hijau dengan air panas tanpa gula dan tunggu hingga dingin. Setelah itu usapkan dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata. Biarkan sekitar satu jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

8. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang dapat digunakan untuk mengurangi masalah rambut rontok secara alami. Caranya blender jahe lalu oleskan pada kulit dan rambut kepala anda. Setelah itu, bilas dengan air bersih atau shampo. Cukup mudah kan?

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *