Cara Menambah Massa Otot Untuk Orang Kurus

info-sehat.com – Kurus atau gemuknya seseorang terkadang adalah suatu bawaan. Hingga ia sendiri tidak bisa mengontrolnya. Agar kelihatan lebih berisi maka cara menambah massa otot untuk orang kurus seringkali mereka coba. Jika anda termasuk orang kurus anda harus mencoba cara ini.

Cara Menambah Massa Otot Untuk Orang Kurus, Siapa Bilang Tidak Bisa?

Menambah massa otot bagi orang kurus bisa membuat orang kurus lebih berisi. Mereka yang bertubuh kurus seringkali diejek karena keliatan hanya berisi tulang saja. Maka anda bisa menambah cara menambah massa otot untuk orang kurus berikut:

Massa Otot Untuk Orang Kurus
Ilustrasi Binaragawan (pic: img.pixers.pics)

1. Memahami Indeks Massa Tubuh

Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) seseorang harus diketahui dulu sebelum menambah massa otot. BMI seseorang apabila kurang dari 18,5 kg/m2 maka dikatakan bahwa orang tersebut kurus. Dengan BMI semacam ini maka anda harus menambah berat badan anda. Anda harus menjadikan BMI anda berada pada angka 18,5 kg /m2 sampai 24,9 kg/m2. Berat badan anda yang berada pada angka tersebut bisa membuat anda menambah massa otot.

2. Latihan Beban

Melakukan latihan beban secara rutin akan membuat massa otot anda bertambah. Latihan rutin juga bisa membuat anda bertambah berat badannya. Beberapa latihan yang bisa anda lakukan adalah latihan beban. Dengan melakukan latihan beban akan merangsang serat otot anda. Massa otot anda akan bertambah dengan latihan beban. Beberapa latihan yang bisa dilakukan adalah squats, bench press, deadlift, pull ups dan bar dips.

3. Asupan Nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah massa otot adalah karbohidrat. Karbohidrat menjadi sumber energi utama selama anda melakukan latihan. Sumber karbohidrat bisa anda dapatkan melalui nasi, sereal, pasta, kentang dan roti. Selain karbohidrat anda juga membutuhkan protein selama latihan. Protein tersebut berasal dari telur, susu, ayam. Kacang-kacangan, ikan dan daging. Anda membutuhkan 62-65 gram protein per harinya. Namun yang harus anda ingat anda tidak boleh mengonsumsi protein secara berlebihan.

4. Makan Secara Teratur

Kebutuhan energi anda harus anda penuhi dengan baik. Cara menambah massa otot untuk orang kurus yang bisa anda lakukan adalah makan teratur. Makanan tersebut bisa anda peroleh dari 3 kali makan besar dan 2 atau 3 kali makan kecil atau ngemil. Jenis makanannya harus anda perhatikan dengan baik. Anda harus memperhatikan makanan anda agar asupan nutrisi yang anda butuhkan terpenuhi. Selain itu cairan juga anda butuhkan agar anda tidak dehidrasi. Air putih merupakan cairan yang paling tepat anda konsumsi.

5. Diet Tinggi Protein

Untuk menambah massa otot cara menambah massa otot untuk orang kurus yang bisa dilakukan adalah dengan diet tinggi protein. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 3 jenis makanan yakni protein, lemak dan karbohidrat. Untuk pembagiannya anda perlu mengonsumsi protein sebanyak 50%, lemak 20% dan karbohidrat 30%. Anda bisa mendapatkan protein hewani tinggi dari daging merah, telur, ikan dan susu.

6. Suplemen

Selain diet anda bisa menambah massa otot dengan suplemen. Suplemen bisa mengoptimalkan latihan dan diet yang anda lakukan. Anda bisa memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak bisa sebuah suplemen dipaksakan kepada seseorang. Dalam memilih suplemen anda harus jeli dan mempertimbangkan banyak hal. Agar suplemen bisa bekerja dengan optimal.

7. Fitness

Selain latihan angkat beban anda bisa melakukan latihan fitness. Dengan fitness anda bisa melatih otot anda dengan berbagai alat-alat yang ada di tempat fitness.
Anda bisa menempuh cara menambah massa otot untuk orang kurus dengan beberapa cara di atas. Agar hasilnya lebih maksimal anda bisa melakukannya secara rutin. Karena semuanya akan sia-sia jika anda tidak melakukannya secara rutin. Cara satu dengan lainnya sangat berkaitan jadi harus dikerjakan dengan tepat.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *