6 Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Makan Karena Tumbuh Gigi

info-sehat.com – Semua ibu pasti senang jika buah hatinya tumbuh gigi, namun bingung cara mengatasi ketika sang bayi yang akhirnya susah makan. Ini merupakan hal yang normal bila ia mengalami rewel dan tidak mau makan. Perasaan yang berubah-ubah yang dialami bayi tentu kebanyakan ibu yang bingung melewati ini.

Sebagai seorang ibu harus kreatif jika buah hati anda mengalami susah makan, berilah makanan yang beragam. Berilah makanan pendamping asi agar bayi anda tumbuh dengan gizi yang tepat di usianya. Olahan sari buah, bubur susu dan nasi tim dengan olahan sayuran juga memberikan kesehatan pada bayi anda.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan Karena Tumbuh Gigi
baby ilustration (pic: momresource.ca)

Pada usia bayi yang dalam kondisi belum berbicara ini, tentunya ia hanya memberi respon menangis dan tidak ingin makan. Karena ia merasakan gatal pada bagian gusinya yang ingin tumbuh gigi. Jadi anda harus pandai mengelola makanan yang bervariasi agar ia tidak bosan.

Selain tepat dalam mengelola makanan, anda juga memberikan mainan yang aman ketika bayi anda gigit. Tapi anda tidak perlu khawatir, kami akan membagikan info mengenai cara mengatasi bayi yang susah makan karena tumbuh gigi.

Bayi tumbuh gigi dan susah makan? ini 6 cara mengatasinya

1. Membantu Menggosok Gusi Menggunakan Tangan Anda

Anda tentunya mengkhawatirkan bayi jika ia memasukkan jari ke gusinya. Bantulah bayi anda dengan menggosok gusinya dengan menggunakan tangan anda secara perlahan. Usaplah secara perlahan agar gusi  tidak mengeluarkan darah mengingat usia tersebut beberapa bagian masih sensitif.

2. Berilah Mainan Yang Bisa Digigit

Jika anda tidak sempat untuk membantunya menggosok gusi bayi, berilah ia mainan yang bisa digigit. Namun, pertimbangkan juga keamanan benda tersebut, pilihlah yang terbuat dari gel dan dengan ukuran yang tidak terlalu kecil. Sebelum diberikan ke sang bayi masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu sehingga dia akan merasa senang.

baca juga: cara mengatasi bayi cegukan

3. Berikan Finger Food

Berilah makanan yang bisa dipegang sendiri, sehingga ia dapat memakannya sendiri seperti biskuit susu yang lembut. Selain itu, dengan cara mengunyah tentunya akan mengurangi rasa gatal pada gigi yang tumbuh.

4. Buatkan Bubur

Jika bayi anda sudah mampu untuk mengonsumsi makanan selain asi, jika ia merasakan gatal karena tumbuh gigi. Buatkanlah ia bubur, dengan mengonsumsi ini tentunya akan mengatasi rasa susah makan yang dialami jika tumbuh gigi. Bentuknya yang lembut akan memudahkan untuk dikonsumsi.

5. Berikan Camilan Atau Minuman Dari Buah Dan Sayur

Memberikan konsumsi pendamping asi di usianya merupakan hal yang penting. Karena jika ia mengalami tumbuh gigi, ia akan susah makan. Ibu harus sekreatif mungkin yaitu memberikan camilan berupa makanan atau minuman dari buah yang sayur. Olahan makanan ini dapat anda jus dan berikan ke bayi anda. Mengonsumsi makanan ini akan membuat bayi anda lebih cepat mengalami pertumbuhan.

6. Berikan Susu Tambahan

Selain memberikan asi, berikan ia susu tambahan juga pemberian susu pendamping asi akan mengurangi rasa gatal. Dengan terus memaksanya untuk mengonsumsi makanan selain asi, bayi anda sehat dan menghindari rasa rewel dan gatal karena gusi tersebut.

Tips ini sudah banyak dilakukan oleh para ibu. Untuk anda yang baru mengalami hal serupa, tidak perlu cemas dan khawatir lagi karena dapat langsung dipraktekkan pada bayi anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ibu-ibu dimana pun anda berada. Selamat mencoba.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *