Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Kering Pada Pria

info-sehat.com – Seringkali ditemui pria yang sudah jarang rambutnya di usia muda. Selain rambut rontok, rambut pada pria juga sering nampak kering. Rambut rontok dan rambut kering ini memiliki hubungan yang erat. Tentu, hal tersebut cukup mengkhawatirkan. Sebab, salah satu penunjang penampilan seorang pria adalah gaya rambut.

Gejala semacam ini biasanya dialami oleh pria yang berusia 30 sampai 40 tahun. Faktor lainnya adalah aktivitas di luar ruangan, kurangnya asupan protein, perubahan hormon, trauma emosional atau kondisi bersifat medis yang lain.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pria
ilustrasi rambut rontok (pic: thebrag.com)

Sebelum semakin parah, gejala tersebut harus dihentikan dengan tepat. Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi rambut rontok dan kering pada pria.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Pada Pria Dengan Tepat

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari yang terlalu banyak menimpa rambut secara langsung dapat menyebabkan rambut kering dan pada akhirnya mengalami kerontokan. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya mengenakan penutup kepala. Selain untuk menghindari sinar matahari, penutup kepala juga dapat menghindarkan rambut Anda dari debu dan kotoran yang beterbangan.

2. Hindari Penggunaan Hawa Panas Pada Rambut

Hawa panas yang dimaksud adalah yang bersumber dari alat elektronik pengatur gaya rambut atau hairstyle. Alat tersebut seperti halnya alat yang berfungsi mengeritingkan dan meluruskan rambut. Untuk melakukan pengeritingan dan pelurusan, sebaiknya melakukan cara yang aman dengan berkunjung ke salon yang berkualitas.

3. Menjaga Asupan Gizi Agar Tetap Seimbang

Rambut rontok dan kering juga disebabkan karena asupan gizi yang kurang seimbang. Sebaiknya, Anda mengatur pola makan Anda secara tepat agar gizi yang masuk ke tubuh Anda seimbang. Penting bagi Anda untukmempraktikkan pola 4 sehat 5 sempurna secara teratur dalam pola makan sehari-hari.

4. Menstabilkan Emosi Atau Menghindari Tekanan Psikologis

Emosi yang dimaksud di sini adalah yang berujung stress. Sebaiknya, Anda tidak usah terlalu frustasi dengan suatu masalah. Anda harus memanajemen emosi Anda dengan tepat agar terhindar dari tekanan psikologis atau yang disebut dengan stress.

Terjadinya rambut kering dan rontok banyak terjadi karena faktor emosi semacam ini. Dibawa enjoy saja setiap masalah yang menyapa dan diselesaikan dengan kepala dingin. Emosi yang meledak-ledak dan liar tidak akan membantu menyelesaikan masalah.

5. Hindari Pemakaian Produk Untuk Rambut Yang Tidak Cocok

Produk untuk rambut seperti shampoo, minyak rambut, conditioner dan lain-lain, sering kali tidak cocok dengan penggunanya. Produk yang cocok tersebut dapat menyebabkan rambut kering dan rontok. Anda harus segera menghindarinya dan menggantinya dengan produk yang baru. Jika diteruskan, rambut Anda akan rusak.

6. Menggunakan Minyak Zaitun Pada Rambut

Anda dapat menggunakan minyak zaitun layaknya minyak rambut. Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat baik untuk merawat rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda memanaskan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

7. Sering Keramas

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, Anda dianjurkan untuk sering keramas atau mencuci rambut. Cara ini dapat menghilangkan kotoran yang menempel penyebab rambut kering dan rontok.

Sebaiknya, Anda menjadwal pencucian rambut secara rutin agar rambut Anda selalu bersih dan sehat.
Yang perlu diperhatikan juga adalah produk sampo yang Anda pakai. Sampo harus cocok untuk rambut kepala Anda.

Beberapa cara di atas sangat mudah diterapkan. Anda harus mempunyai kebiasaan yang baik agar rambut Anda tidak rontok dan tidak kering. Sebagaimana yang telah dibahas di atas, rambut tak hanya dirawat dari luar, tetapi juga dari dalam. Faktor eksternal dan internal penyebab rambut rontok dan kering harus diperhatikan dan secepatnya diatasi.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *