Cara Mengurangi Mata Minus

info-sehat.com – Mempunyai mata minus tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita ya guys. Sebenarnya ada banyak faktor mengapa pandangan menjadi kabur, salah satunya adalah kebiasaan buruk. Lalu kebiasaan buruk apa saja sih yang menyebabkan terjadi demikian?

Contoh kebiasaan buruk yang mengakibatkannya yaitu membaca buku sambil tiduran, memandang layar tv atau komputer terlalu lama. Nah bagi anda yang menderita mata minus, tentunya anda akan mencari berbagai macam cara mengurangi mata minus agar penglihatan bisa kembali normal.

ilustrasi mata minus
eye ilustrasi (pic: blackmores.com.au)

Cara Mengurangi Mata Minus

1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin

Mengkonsumsi vitamin adalah salah satu upaya untuk menyembuhkan mata minus. Terlebih mata membutuhkan vitamin A. Vitamin A dapat kita jumpai pada sayuran seperti wortel, tomat, telur dan lainnya.
Selain makanan yang didalamnya terkandung vitamin A, ternyata mata juga membutuhkan ikan salmon yang kaya akan omega-3, Alpukat yang kaya akan kandungan lutein, kol dan bayam yang mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C, serta tiram yang kaya akan kandungan zinc (seng).

2. Lakukan Senam Mata

Senam mata adalah salah satu yang paling populer dan paling cepat khasiatnya. Karena senam mata dapat melatih kelunturan otot mata. Cara untuk melakukan senam mata adalah :

  • Tatap pandangan lurus ke depan.
  • Gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  • Lakukan juga poin no.2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
  • Setelah poin no.4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360° searah jarum jam selama 2x.
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik. Lakukan poin no.5, namun kali ini kebalikan dari arah jarum jam.

3. Olahraga

Seperti yang anda ketahui bahwa dengan berolahraga maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya membuat peredaran darah anda menjadi lancar sehingga nutrisi dapat tersalurkan dengan baik ke organ-organ tubuh yang membutuhkan. Dengan berolahraga selain olahraga mata, anda bisa melakukan olahraga santai seperti: aerobic, bersepeda, jogging, dan berenang, maka sedikit demi sedikit akan mengurangi mata minus.

Namun apabila anda menderita minus yang cukup tinggi diatas 5, disarankan untuk tidak berolahraga berat yang membuat bolamata menjadi kejang, seperti mengangkat beban berat. Karena hal tersebut bisa membuat lensa terlepas dari bola mata (Ablasio Retina) yang dapat menyebabkan kebutaan.

4. Lepas Kacamata

Ketika menggunakan kacamata, maka akan terbiasa terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya. Selain itu, dengan melepas kocomoto jika tidak perlu, maka anda juga akan mengurangi ketergantungan terhadapnya.

baca juga cara agar mata minus kembali normal

5. Pijatlah Sekitar Mata

Dengan memijat titik-titik akupuntur di sekitar mata anda, akan membantu melancarkan peredaran darah serta membantu mata menjadi lebih rileks. Lakukan terapi ini setiap akan beranjak untuk tidur.

6. Sering-Sering Menatap Objek Yang Berwarna Hijau

Objek berwarna hijau yang dimaksud disini ialah tumbuh-tumbuhan atau pepohonan. Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, apalagi untuk mata minus. Oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan.

Namun bila dirasa tidak memungkinkan untuk pergi ke gunung karena keterbatasan waktu, cukuplah menatap tumbuhan yang jaraknya dekat dengan anda. Seperti yang bisa anda lakukan setiap pagi dirumah, yaitu dengan berjemur dan memandangi tumbuhan-tumbuhan maupun pepohonan.

7. Biasakan Menyisihkan Waktu Untuk Mengisitirahatkan Mata

Padatnya rutinitas tentu mempengaruhi mata anda, apalagi jika aktivitas yang mengharuskan anda untuk berada di depan layar komputer. Maka biasakan untuk mengistirahatkan mata anda minimal 15 menit setiap jamnya. Hal ini akan sangat mencegah kenaikan minus Anda.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *