Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

info-sehat.com – Apa saja sih faktor penyebab kulit wajah jadi berminyak? Pada pembahasan kali ini saya akan menerangkan beberapa hal yang membuat kulit wajah kita menjadi berminyak, anda semua kebanyakan pasti sudah tahu apa itu arti kulit yang berminyak. Yaitu saat kulit kita mengalami produksi minyak yang berlebih sehingga lama-kelamaan ini adalah salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat.

Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak
Ilustrasi wajah berminyak (pic: encrypted-tbn0.gstatic.com)

Pengertian kulit berminyak yang lebih mendetail adalah kulit yang memiliki produksi kelenjar keringat yang berlebih sehingga berbeda dengan kulit pada umumnya. Ciri-cirinya adalah kulit kita akan terlihat mengkilap make up tidak akan bertahan lama dan kotoran akan suka menempel yang lama kelamaan akan menjadi jerawat.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan wajah berminyak

1. Kondisi Stres

Ketika anda sedang stres kulit wajah akan lebih cenderung memproduksi minak dengan banyak. Hal ini terjadi karena sikap psikis anda yang akan sering waspada dan banyak berfikir ketika sedang stres. Sehinga wajah akan memproduksi banyak kortisol. Maka dari itu, hindarilah stres yang dapat membuat kepala anda pusing. Biasakan olahraga atau bermain apa saja untuk menghilangkan rasa stres anda, lebih baik lagi untuk menjauhkan dari stres adalah tidur.

2. Siklus Menstruasi

Kulit berminyak dapat disebabkan oleh siklus menstruasi. hal ini terjadi karena wanita banyak sekali memproduksi hormon sehingga ketika menjelag haid atau sesudah haid wajah akan cenderung memproduksi minyak lebih banyak. Karena wajah berminyak kotoranpun akan menemel dan pori-poripun akan tersumbat sehingga timbul jerawat.

3. Perubahan Cuaca (Alergi terhadap kondisi tertentu)

Ketika cuaca sedang dalam kondisi panas dan lembab kulit anda akan lebih banyak memproduksi minyak untuk menyesuaikan dengan longkungan. Dengan ini agar ketika anda memkai make up tidak luntur anda harus memakai pondasi yang kuat dan mampu menyerap minyak.

4. Pengaruh Kosmetik

Penggunakaan kosmetik yang tidak cocok dengan wajah anda akan memicu timbulnya wajah berminyak. untuk itu berhati-hatilah dalam memilih kosmetik. Bukan hanya itu pula, kesalahan dalam memilih kosmetik yang tidak tepat justru akan membuat kulit kita jadi rusak bahkan yang lebih parahnya lagi kulit kita akan berjerawat.

5. Faktor Gen dan lain-lain

Ada pepatah mengatakan, buah itu jatuh tak jauh dari pohonnya, begitu pula dengan kondisi wajah kita yang berminyak saat ini. Kemungkinan besar orang tua kita juga mengalaminya dan itu akan berlanjut kepada keturunan berikutnya. Selain faktor gen juga terdapat beberapa faktor lain yaitu saat pergantian musim, obat-obatan, alat kecantikan, dan tanning.

*) baca juga cara alami memutihkan wajah

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak, semoga ulasan saya kali ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat mengambil yang baiknya. Jangan lupa pula untuk tetap berkunjung pada situs ini, yang akan membahas seputar kesehatan bagi kebaikan kita semua.

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *