10 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Yang Membuat Panjang Umur

info-sehat.com – Jepang bukan hanya terkenal akan makanannya yang lezat tetapi juga kebanyakan warganya yang memiliki umur panjang. Bahkan tingkat obesitas di Negeri Sakura ini hanya 3,5 %. Dari total penduduk. Selain itu, tingkat penyakit kanker dan jantung pun relatif rendah. Gaya hidup sehat orang Jepang menjadi kuncinya. Apakah anda ingin memiliki tubuh yang sehat seperti orang Jepang? Berikut kami informasikan 10 gaya hidup sehat orang Jepang yang dapat anda tiru.

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang
Ilustrasi Orang Jepang (pic: wallpapercave.com)

Gaya Hidup Sehat Orang Jepang Yang Membuat Panjang Umur

1. Mengolah Makanan Hanya Sebentar Saja

Orang Indonesia terbiasa memasak makanan dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan orang Jepang yang hanya mengolah makanannya dalam waktu singkat. Waktu memasak yang lama akan menyebabkan gizi yang ada pada makanan menghilang dan terbentuk radikal bebas. Hal ini akan membuat kualitas makanan menurun. Jadi, mulailah mengolah makanan hanya sebentar saja.

2. Variasi Dalam Konsumsi Karbohidrat

Orang Indonesia terbiasa mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk nasi. Sedangkan orang Jepang cenderung variatif dalam mengkonsumsi karbohidrat. Mereka tidak makan nasi sebanyak tiga kali sehari layaknya kita. Mereka memiliki cara tersendiri. Orang Jepang memiliki banyak pilihan karbohidrat, diantaranyaudon (mie dari beras), sereal, dan soba (mie dari bucklewheat). Hal ini membantu mereka untuk mengurangi konsumsi karbohidrat.

3. Makan Bakteri Dan Juga Tofu

Yogurt dan tofu sangat disukai orang Jepang. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda. Sedangkan tofu mengandung isoflavon yang baik bagi hormon anda dan mampu mencegah penyakit osteoporosis bagi wanita yang memasuki masa menopause.

4. Pencuci Mulutnya Sehat

Rata-rata orang Jepang mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari. Sangat sedikit bukan? Rahasianya adalah pada pencuci mulut mereka. Orang Jepang memilih pencuci mulut berupa buah atau hanya sekedar minum teh. Gula hanya akan menyebabkan kecenderungan seseorang mengalami kegemukan ataupun diabetes.

5. Suka Berjalan Kaki

Berbeda dengan orang Indonesia yang paling tidak suka berjalan kaki, orang Jepang sangat menyukai kegiatan tersebut. Mereka lebih memilih berjalan kaki entah itu ke sekolah, kerja, ataupun hanya sekedar untuk bermain. Tak heran jika mereka memiliki umur yang panjang.

6. Konsumsi Rumput Laut

Antioksidan tinggi terkandung dalam rumput laut. Selain itu, rumput laut mampu menghambat penyerapan lemak dalam tubuh anda dan meningkatkan pengolahan lemak empat kali lipat dalam tubuh anda. Gaya hidup satu ini sangat cocok anda terapkan apalagi jika anda sedang melakukan program diet.

7. Minum Teh Hijau

Minum teh sudah menjadi budaya bagi orang Jepang, terutama teh hijau. Teh hijau sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan senyawa EGCG di dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh diubah menjadi energi. Minum teh hijau juga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit jantung, osteoporosis, dan juga kanker.

8. Selalu Mengonsumsi Sayuran

Bagi anda yang tidak menyukai sayuran, cobalah untuk mulai menyukainya. Orang Jepang selalu menyisipkan sayuran ke dalam menu makanan mereka. Tak heran orang Jepang memiliki tubuh yang sehat.

9. Selalu Konsumsi Ikan

Orang Jepang sangat suka mengkonsumsi ikan. Per harinya bisa mencapai 100 gram. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan jantung anda. Jadi, mulailah menyisipkan ikan pada menu anda.

10. Tidak Menunggu Kenyang

Orang Indonesia biasanya makan sampai perut merasa kenyang. Namun, orang Jepang memiliki prinsip “Hara hachi bu” yang memiliki arti “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Selain itu, mereka akan makan secara perlahan. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang memiliki badan yang bukan hanya sehat tetapi juga ideal.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *