Ini 8 Jus Buah Segar Penurun Darah Tinggi

info-sehat.com – Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya, memiliki tekanan darah yang tinggi tentunya mengakibatkan jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah. Tidak heran orang yang menderita hipertensi akan beresiko terkena berbagai masalah penyakit jantung. Mulai dari jantung bocor, aritmia, serangan jantung dan masih banyak lagi. Memprihatinkan bukan? Hipertensi sendiri dapat dipengaruhi oleh makanan.

Jus Buah Segar Penurun Darah Tinggi
Jus Buah Segar (pic: pharmd-rx.com)

Dalam kesempatan ini akan kami sajikan jus penurun darah tinggi yang tentunya sangat membantu penderita hipertensi. Berikut daftar 8 jus penurun darah tinggi :

1. Jus Buah Bit

Banyak penelitian yang telah dilakukan terhadap buah bit, ternyata bit dapat digunakan sebagai penurun darah tinggi. Salah satu penelitian oleh Queen Mary University Of London menyatakan bahwa bit memiliki nutrat yang mampu membantu kesehatan jantung.

Pada tahun 2013 dalam NutritionJournal terdapat penelitian yang dilakukan kepada sejumlah partisipan. Mereka memiliki tekanan darah tinggi dan diperintahkan meminum jus buah bit, tidak lebih dari 6 jam tekanan darah tinggi mereka langsung netral terutama pada pria. Memang khasiat buah bit lebih maksimal apabila dikonsumsi sebagai jus.

2. Jus Pisang

Buah pisang mampu menambah energi ketika sedang beraktifitas, selain itu buah pisang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Dalam buah pisang terkandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Buah pisang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi sehingga dapat dijadikan jus tanpa menambahkan gula sedikitpun.

3. Jus Melon

Melon selain mampu menghilangkan dahaga karena sifatnya yang menyegarkan, ternyata memiliki manfaat yang besar bagi penderita hipertensi. Ketika anda mengalami tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jus melon 3X sehari, maka tekanan darah akan langsung normal.

4. Jus Buah Delima

Dari karakter rasanya yang cenderung asam namun segar dapat diketahui bahwa buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. selain itu delima juga memiliki kandungan vitamin B,polifenol, kalium, antioksidan dan masih banyak lagi. Penelitian terhadap buah delima juga memberikan hasil yang mengagumkan, ternyata mengonsumsi jus delima 2X sehari efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Jus Alpukat

Alpukat terkenal dengan khasiatnya dalam menjaga kualitas kulit dan kecantikan. Namun siapa sangka bahwa alpukat yang diolah menjadi jus dan tanpa penambahan gula dapat memberi efek lebih bagi penderita hipertensi. Jus alpukat ternyata termasuk jus penurun darah tinggi yang secara efektif mampu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

6. Jus Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menyehatkan kulit serta mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, Buah kiwi juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. akan lebih maksimal dan lebih efektif apabila kiwi dikonsumsi sebagai jus.

7. Jus Mengkudu

Mengkudu terkenal dengan rasanya yang aneh, namun buah berasa aneh ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh anda. Buah ini dapat sebagai penangkal racun yang sangat ampuh, selain itu kemampuan dalam menurunkan tekanan darah tinggi menjadi kelebihan buah mengkudu. Meskipun memiliki rasa aneh mengkudu sangat dianjurkan untuk anda memiliki tekanan darah tinggi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara permanen. Konsumsi mengkudu dengan cara di jus dan menambahkan gula merupakan cara tepat bagi anda yang tidak suka dengan rasa anehnya.

8. Jus Buah Pir

Pear atau buah pir memiliki rasa yang menyegarkan dan juga manis, hal ini menjadikan buah pir sangat laris di pasaran. Buah pir juga memiliki khasiat sangat baik untuk menurunkan tekan darah pada jantung dan seluruh tubuh. Seperti buah pada umumnya, buah pir akan lebih berkhasiat apabila dikonsumsi sebagai jus.

Mengonsumsi buah sebagai jus memang lebih berkhasiat dibanding dikonsumsi secara langsung. Seluruh nutrisi dan serat telah halus dan tentunya mudah diserap dalam tubuh dibanding buah yang belum di blender.

Demikian 8 jus penurun darah tinggi yang mudah dibuat dan sangat berkhasiat bagi penderita hipertensi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *