Rekomendasi 7 Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan

info-sehat.com – Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Sumber nutrisi dan kalori bagi tubuh berasal dari makanan. Namun apabila anda sedang program penurunan berat badan alias diet maka anda memerlukan makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Karena salah satu penyebab badan gemuk dan tidak ideal adalah jumlah kalori dalam tubuh yang tinggi.
Lantas apakah kita harus menahan makan ketika diet? Tidak, karena makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun tentu saja anda harus menjaga kadar kalori dalam tubuh tidak tinggi tetapi tetap memiliki rasa kenyang.

Makanan Rendah Kalori
Ilustrasi (pic: encrypted-tbn0.gstatic.com)

Maka dari itu anda perlu mengkonsumsi asupan rendah kalori namun tetap mengenyangkan. Lantas apa saja makanan rendah kalori yang mengenyangkan? Berikut kami sajikan daftarnya :

1. Kentang

Ketika anda sedang diet sangat disarankan untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi atau mengurangi jumlah konsumsi nasi. Kenapa? Karena kentang memiliki kalori yang lebih rendah daripada nasi namun tetap memiliki sifat menganyangkan. Kentang juga memiliki berbagai nutrisi yang diperlukan dalam tubuh.

Nutrisi dalam kentang antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, niasain, asam folat, magnesium, besi, tiamin, zat fosfor, bahkan, flavanoid yang menjadi senyawa anti kanker. Selain mudah ditemukan kentang juga dapat diolah dengan berbagai macam olahan mulai kategori berat hingga makanan ringan.

2. Yoghurt

Siapa yang tidak kenal dengan olahan susu ini? Yoghurt memang sangat terkenal sebagai salah satu makanan diet. Susu yang telah difermentasikan dan menjadi yoghurt akan memiliki kandungan protein 2 kali lipat dari bahan dasarnya (susu).

Namun memiliki lemak yang lebih rendah dari bahan dasarnya. Yoghurt memiliki kandungan lemak yang lebih rendah bahkan hingga mencapai setengahnya dari susu. Tidak heran Yoghurt menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin diet.

3. Kacang Merah

Belakangan ini kacang merah menjadi sangat populer di kalangan masyarakat daripada jenis kacang-kacangan lainnya. Hal tersebut disebabkan dari kandungan yang sangat baik dari kacang merah. Serat yang tinggi dan kaya akan nutrisi menjadikan kacang merah sangat digemari masyarakat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B6, kalsium, magnesium, natrium, protein, lemak dan karbohidrat.

baca juga:
10 Makanan Pantangan Darah Tinggi Dan Kolestrol
Makanan Yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung

4. Apel

Buah apel sudah sangat terkenal sejak lama bagi para pelaku diet. Zat pectin yang terdapat dalam buah ini memiliki kemampuan memperlambat proses pencernaan dalam tubuh sehingga tubuh memiliki perasaan kenyang lebih lama. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah apel juga sering diolah menjadi jus. Bahkan sangat cocok sebagai campuran dalam es buah.

5. Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai makanan rendah kalori yang mengenyangkan, selain itu nutrisi yang terkandung dalam Oatmeal juga sangat baik untuk otak. Protein dan serat yang tinggi juga terkandung dalam makanan ini sehingga sangat baik untuk menyerap lemak dalam tubuh. Bahkan oatmeal juga dapat mengatur jumlah karbohidrat yang terdapat dalam aliran darah dalam tubuh.

6. Semangka

Jumlah kalori dalam semangka tergolong rendah sehingga sangat cocok untuk pelaku diet. Buah yang kaya air dan menyegarkan ini juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. selain itu semangka juga sangat menyehatkan karena mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium, natrium, protein, kalsium, dan karbohidrat.

7. Seafood

Beberapa jenis seafood dapat dijadikan alternatif untuk menjalani diet. Jenis ikan laut seperti salmon, tiram, udang, dan kepiting merupakan makanan rendah lemak sehingga sangat cocok untuk anda yang tidak ingin memiliki tubuh gemuk.

Namun selalu pastikan dalam pengolahannya tidak terlalu banyak menambahkan bahan makanan yang mampu menambah jumlah kalori di dalamnya. Karena makanan rendah kalori yang mengenyangkan akan menjadi tinggi kalori dan tidak mengenyangkan apabila dalam proses pengolahannya berlebihan.

Demikian 7 makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Semoga artikel ini membantu anda yang ingin menjalani program diet yang menyehatkan. Namun keberhasilan program diet juga ditentukan dengan keseriusan pelakunya. Tidak jarang pelaku diet mudah tergiur dengan mengkonsumsi makanan lain yang malah tinggi kalori.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *