8 Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi

info-sehat.com – Hipertensi atau sering disebut masyarakat dengan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat. Banyak faktor yang mampu menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi. Di antaranya adalah obesitas, kegelisahan, kekurangan nutrisi, dan asupan garam yang berlebihan. Namun faktor utama dari penyebab darah tinggi adalah berasal dari makanan.

Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi
Makanan Sehat (pic: static.soposted.com)

Maka sangat dianjurkan penderita darah tinggi mengkonsumsi makanan yang sehat bagi penderita darah tinggi. Lantas apa saja makanan sehat untuk penderita darah tinggi? berikut kami sajikan daftar makanan sehat untuk penderita darah tinggi :

1. Sayur-Sayuran Hijau

Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan, salah satu manfaat sayuran hijau adalah mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Jenis sayuran hijau seperti bayam dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung kalium. Sayuran hijau lainnya adalah seledri, seledri juga merupakan alternatif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Susu Bebas Lemak

Kandungan yang terdapat susu bebas lemak sangat efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalsium yang tinggi dan vitamin D juga terdapat dalam susu bebas lemak. Tidak heran penderita hipertensi sering dianjurkan untuk mengonsumsi susu bebas lemak. Susu bebas lemak akan lebih baik dikonsumsi ketika masih hangat.

3. Bawang Putih

Bawang putih dapat menahan efek buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Bahkan bawang putih mampu membantu menghilangkan penyumbatan aliran darah pada jantung. Selain itu bawang putih mampu mencegah penebalan pembuluh darah dan mencegah pembekuan pada darah.

4. Buah-Buahan

Segala jenis buah mengandung vitamin dan mineral yang mampu menetralkan tekanan darah tinggi. Walaupun buah berasa manis, namun fruktosa tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah secara berlebihan seperti zat manis dari gula.

5. Ikan

Makanan sehat untuk penderita darah tinggi lainnya adalah ikan. Beberapa jenis ikan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah ikan trout yang memiliki kandungan vitamin D dapat membantu menurunkan hipertensi.

Penelitian oleh NutritionJournal juga menyatakan bahwa memakan ikan berlemak seperti salmon sebanyak 3 kali seminggu dapat membantu penurunan tekanan darah diastolik selama lebih dari 8 minggu. Penelitian sebelumnya juga telah menyatakan bahwa lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

6. Flaxseed

Makanan sehat untuk penderita darah rendah lainnya adalah flaxseed. Berdasarkan penelitian pada jurnal Hypertension yang telah diterbitkan pada 2013 menyatakan bahwa flaxseed dapat membantu menurunkan hipertensi selam lebih dari 6 bulan. Semua itu dikarenakan kandungan omega-3 yang terdapat pada flaxseed. Selain omega-3 flaxseed juga mengandung lignin, peptide, alfa linolenik, dan serat yang memungkinkan untuk mempengaruhi tekanan darah.

7. Cokelat

Mungkin anda tidak akan menyangka bahwa cokelat mampu membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Flavonoid yang terkandung di dalam cokelat (biasanya darkchocolate) mampu membantu penurunan tekanan darah tinggi. Semakin tinggi kandungan kakao pada cokelat semakin baik untuk kesehatan pengkonsumsinya.

Kandungan flavonoid dalam cokelat berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang mampu memperlancar aliran darah yang akhirnya berpengaruh terhadap tekanan darah tinggi. Berdasar penelitian yang dilakukan oleh BMC Medicine tahun 2010 menyatakan bahwa mengkonsumsidarkchocolatemembantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan prahipertensi.

8. Kacang Lima

Kacang lima mengandung kalium yang mampu membantu tekanan darah tinggi. kandungan serat dan protein juga baik untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Dalam pengkonsumsiannya juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Anda dapat mengkonsumsi dengan cara merebus nya terlebih dahulu, bisa juga mencampurkan dengan sayuran lain.

Namun perlu diingat bahwa dalam pengolahan dan penyajiannya anda hanya diperbolehkan menambahkan garam dengan jumlah sedikit. Selain harus mengonsumsi makanan yang sehat dan mampu membantu penurunan tekanan darah tinggi, anda juga harus rajin berolahraga.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *