Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

info-sehat.com – Mengkudu merupakan buah yang dikenal memiliki bau yang sangat menyengat. Dibalik baunya yang menyengat dan tidak enak buah mengkudu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Hal itu dibuktikan sejak 2000 tahun yang lalu, nenek moyang kita yang telah menggunakan mengkudu sebagai obat nyeri sendi dan membersihkan organ internal dalam tubuh.

Buah yang memiliki nama latin Morinda Citrolofia ini memiliki bentuk oval, berwarna hijau dan memiliki benjolan di hampir seluruh permukaan kulit. Dan tanda buah mengkudu ini matang di pohon yakni berwarna kekuningan dan teksturnya lebih lembut.

Buah Mengkudu (pic: ivcjournal.com)
Buah Mengkudu (pic: ivcjournal.com)

Seperti yang sudah di katakan diatas buah mengkudu memiliki banyak manfaat hal itu dikarenakan buah ini memiliki banyak kandungan di dalamnya diataranya morinda diol, metil asetil, asam kapri, soraya dan masih banyak lainnya.

Lalu apa saja manfaat mengkudu bagi kesehatan ? akan dijelaskan secara terperinci, simak ulasan dibawah ini:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitiah ilmiah menyebutkan bahwa buah mengkudu dapat meningkatkan kinirja kelenjar dalam tubuh sehingga dapat membasmi virus penyebab penyakit. Selain itu buah mengguku mengandung antioksidan yang dapat menghancurkan sel – sel kanker dan sel – sel yang tumbuh secara tidak normal.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dalam Tubuh

Buah mengkudu dapat menyehatkan tulang karena terdapat kandungan metil asetil, morodin, dan asam kapri. Kandungan tersebut dapat memperkuat sistem tulang kita sehingga kita dapat terhindar dari osteoporosis (pengeroposan tulang) di masa tua nanti.

Caranya dengan meminum Jus mengkudu. Untuk menghilangkan rasa pahitnya anda bisa menambahkan gula pasir atau gula batu. Minum secara teratur sehingga anda terhindar dari osteoporosis / pengeroposan tulang.

baca juga:

3. Membunuh Bakteri Berbahaya

Buah mengkudu juga berperan dalam pembunuhan bakteri dalam tubuh yang biasanya terdapat di Jantung ataupun Sistem Pencernaan anda. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti Disenteri. Dengan meminum jus mengkudu secara rutin penyakit disentri anda akan sembuh total.

4. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau Darah Tinggi dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi buah mengkudu. Caranya dengan mengambil air perasan buah mengkudu, baik di blender ataupun diperas. Kemudian tambahkan sesendok madu lalu aduk.

Minum air ramuan tadi setidaknya 2 hari sekali. Niscaya darah tinggi anda perlahan menurun. Untuk pemilihan buah mengkudu sebaiknya ambil buah mengkudu yang benar – benar matang dipohon.

5. Mengatasi Kulit Bersisik

Selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit bagian dalam tubuh, buah mengkudu juga bermanfaat untuk bagian luar tubuh misalnya kulit. Buah mengkudu dapat mengatasi kulit bersisik caranya ambil buah mengkudu yang sudah matang di pohon kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit tubuh yang bersisik. Diamkan selama 10 – 20 menit kemudian bilas menggunakan air mengalir.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Penelitian menyebutkan bahwa dengan meminum jus mengkudu dapat memperbaiki mood hati anda. Apalagi bagi wanita yang mengalami haid. Perubahan suasana hati pada wanita yang sedang haid dikarena meningkatnya hormon estrogen yang menyebabab anda mudah marah.

Namun, dengan anda meminum jus mengkudu suasana hati anda akan lebih baik. hal itu dikarenakan buah mengkudu mengandung senyawa yang bekerja di bawah alam sadar sebagai pengontrol suasana hati.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *