Menakjubkan Kandungan Dan Manfaat Wortel Yang Perlu Anda Ketahui

info-sehat.com – Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki segudang manfaat. Tidak heran banyak sekali masyarakat yang mengonsumsi wortel karena alasan kesehatan. Memangnya apa saja kandungan dan manfaat yang ada didalamnya? Mungkin itu pertanyaan bagi anda yang belum mengetahui sisi positif untuk membuat tubuh menjadi sehat.

Kandungan Dan Manfaat Wortel
Wortel (pic: 3stylelife.com)

Beberapa Kandungan Wortel

1. Wortel Mengandung Beta Karoten Dan Vitamin A

Setiap 100 g wortel terdapat 8285 mg IU beta-karoten dan vitamin A. Sebanyak 16.706 Studi yang telah dilakukan, telah ditemukan bahwa flavonoid dalam wortel mampu melindungi tubuh dari kanker rongga kulit, paru-paru, dan mulut.

Beta karoten yang terkandung dalam wortel juga mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin A dalam wortel mampu mengatasi masalah penglihatan, reproduksi, pertumbuhan, dan perkembangan.

2. Antioksidan

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang berlimpah dari poli-acetylenefalcarinol. Penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Inggris (University of Newcastle). Menyatakan bahwa falcarinol dalam wortel mampu melawan bahkan menghancurkan sel kanker.

3. Vitamin C

Vitamin C pada wortel merupakan antioksidan yang larut pada air. Fungsinya adalah untuk mempertahankan jaringan ikat, gusi, serta gigi agar tetap kuat. Wortel sendiri menyediakan sekitar 9% (RDA) vitamin C.

4. Vitamin B Kompleks

Umbi wortel juga sangat kaya akan vitamin B-kompleks, seperti vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, asam potenant, asam folat dan lain-lain. Tentunya sangat berguna sebagai co-faktor enzim dalam melakukan metabolisme substrat.

5. Mineral

Wortel juga terkenal mengandung berbagai macam mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, fosfor, dan mangan. Kalium sendiri merupakan zat yang mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan juga digunakan untuk co-faktor enzim antioksidan, superoksidadistumae.

Manfaat Wortel bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Wortel memang terkenal dengan manfaatnya yang berhubungan dengan masalah penglihatan. Kandungan vitamin A yang melimpah memang tidak diragukan lagi dalam mengatasi masalah mata. Beta karoten yang terdapat dalam wortel juga dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kita.

Vitamin A kemudian diubah menjadi rodopsin di dalam retina. Rodopsin sendiri merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata agar mampu melihat di malam hari. Terdapat juga sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi wortel kemungkinan menderita rabun jauh 40% lebih rendah dari mereka yang tidak gemar mengonsumsi wortel.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Wortel mentah memiliki kandungan Falcarinol yang sangat melimpah dibandingkan wortel setelah dimasak. Falcarinol sendiri merupakan zat anti kanker yang mampu mencegah resiko kanker payudara, kanker usus, hingga kanker paru-paru. Zat ini juga merupakan pestisida alami yang digunakan wortel untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh jamur.

3. Memperlambat Penuaan Dini

Kandungan beta-carotene dapat digunakan sebagai zat memperlambat proses penuaan dini. Cara kerja beta-carotene dalam tubuh dalam melawan penuaan dini adalah dengan membersihkan sel-sel mati melalui metabolisme tubuh.

4. Mencegah Infeksi

Wortel dapat dimanfaatkan untuk mencegah infeksi dan mengobati luka luar. Caranya juga sangat mudah yaitu cukup menghaluskan wortel mentah setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Dapat juga dengan cara merebus wortel dan menempelkan pada luka.

5. Menyehatkan Kulit Dari Dalam

Wortel mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Vitamin A dapat mengatasi masalah keriput, noda hitam, jerawat, warna kulit tidak merata dan kulit kering serta pigmentasi kulit.

6. Menyehatkan Kulit Dari Luar

Selain dikenal dengan manfaat menyehatkan kulit dari dalam, wortel juga memiliki kemampuan menyehatkan kulit dari luar tubuh. Caranya sangat efektif yaitu dengan mencampurkan wortel yang telah diparut dengan madu. Kemudian oleskan pada kulit, bahkan bisa digunakan untuk masker.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi makanan yang mengandung caretonoids seperti wortel dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Pencegahan penyakit jantung sangat identik dengan caretonoids, selain itu wortel mengandung beta-carotene, luetin, serta alphacarotene.

Demikian kandungan dan manfaat wortel, tidak mengherankan bukan jika wortel sangat banyak dikonsumsi bahkan saat wortel masih mentah.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *