Mengagumkan Inilah Kandungan Dan Manfaat Bayam Merah

info-sehat.com – Bayam Merah merupakan tanaman sayuran yang memiliki daun dan batang berwarna merah. Tren sayuran organik menaikkan popularitas bayam merah di pasaran. Memang bayam jenis ini dibudidayakan secara organik dan masuk dalam area pemasaran pasar modern seperti mall-mall besar dan super market. Kandungan dan manfaat bayam merah juga sangat beragam, sehingga tidak heran tanaman sayur ini banyak diburu di pasaran.

Bayam Merah juga diketahui memiliki kandungan nutrisi dan gizi lebih baik daripada bayam hijau. Dalam 100 gramnya, sayuran tropis ini mengandung energi 41,2 – 51 kilo kalori. Tentu saja jelas lebih tinggi daripada bayam hijau yang hanya memiliki 36 kilokalori dalam porsi yang sama. Lantas apa saja kandungan dan manfaat bayam merah? Berikut kami sajikan ulasannya secara lengkap :

Mengagumkan Kandungan Manfaat Bayam Merah
Mengagumkan Kandungan & Manfaat Bayam Merah

Kandungan Bayam Merah

Dalam setiap 100 gram bayam merah terdapat kandungan energi sebanyak 41,2 Kkal, 2,2 gram protein, 520 mg kalsium, 6,3 gram karbohidrat, 0,8 gram lemak, 2,2 gram serat, 62 gram vitamin C, dan zat besi 2,2 miligram.

Manfaat Bayam Merah

Kandungan dan manfaat bayam merah memang sangat banyak. Setelah mengetahui kandungan bayam merah, maka tidak ada salahnya juga mengetahui manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat bayam merah :

1. Mengatasi Anemia

Dalam 1 ons bayam merah terdapat 2,2 mg. Jumlah tersebut cukup potensial untuk menjadi alternatif pengobatan anemia. Bayam Merah juga mampu menyetabilkan HB (hemoglobin) sehingga tidak mengalami pusing. Selain itu juga mampu menstabilkan tekanan darah.

2. Menangkal Radikal Bebas

Mengandung antioksidan tentunya memberikan manfaat bagi tubuh dalam menangkal radikal bebas. Paparan logam berat seperti merkuri merupakan contoh radikal bebas yang selama ini mengendap dalam tubuh. Maka akan mudah dihilangkan dengan mengonsumsi bayam merah. Pengolahan yang dianjurkan adalah merebus atau dengan mencampurkan dengan sayur bening.

3. Melancarkan Saluran Pencernaan

Jumlah serat yang tergolong tinggi akan memudahkan Anda yang sedang mengalami gangguan saluran pencernaan. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bayam merah ini. Namun perlu diingat apabila memiliki sisa bayam yang lebih dari jam 8 malam, sebaiknya Anda membuang masakan tersebut karena dikhawatirkan mengandung racun.

4. Menyehatkan Ginjal

Jumlah kandungan air yang terdapat di dalam bayam merah juga bermanfaat untuk menyehatkan ginjal dalam menyaring darah dalam tubuh. Kandungan air dalam bayam merah sekitar 82 gram, tidak heran bayam merah sangat dianjurkan penderita gangguan ginjal.

5. Menyuburkan Rambut

andungan vitamin B yang cukup tinggi dalam bayam merah sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut terutama kerontokan. Apabila mulai mengalami kebotakan maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bayam merah karena bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan menyuburkan rambut.

6. Vitamin A (Kandungan Dan Manfaat Bayam Merah Terhadap Mata)

Vitamin A merupakan salah satu kandungan dari bayam merah yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan mata. Selain vitamin A, bayam merah juga mengandung betakaroten yang tentunya juga bermanfaat bagi mata. Selain menjaga mata dari rabun, bayam merah juga dapat membinarkan bola mata.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ketika kulit terjadi kerusakan, maka kandungan vitamin C dalam bayam merah mampu meregenerasi kulit dan menyehatkan kulit. Selain itu bayam merah juga mampu mengobati luka akibat gigitan serangga.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayam mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sistem imun atau kekebalan tubuh dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bayam merah. Apabila memiliki kekebalan tubuh yang rendah, maka akan rentan terkena/tertular berbagai penyakit. Apabila anda mengonsumsi secara rutin bayam merah setidaknya 4 kali dalam seminggu, maka akan sangat tidak mungkin mudah tertular flu/batuk/pilek dll.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu penyebab nafsu makan berkurang adalah jumlah gas dan asam pada lambung yang meningkat. Maka apabila anak-anak mengalami penurunan nafsu makan, sangat disarankan untuk orang tua memberi makan bayam merah. Kombinasi bayam merah dengan nasi dapat menetralisir lambung dari gas dan asam yang merupakan salah satu penyebab nafsu makan berkurang.

10. Mencegah Kanker

Mencegah lebih baik daripada mengobati, istilah sederhana namun kebenarannya sangat mendalam. Bayam merah dapat digunakan untuk mencegah sel kanker yang mungkin tumbuh dalam tubuh tanpa kita sadari. Kandungan nutrisi dalam bayam merah mampu menghambat pertumbuhan dan menghilangkan sel kanker.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *