Cara Menghilangkan Lemak Perut dan Pinggang

info-sehat.com – Bagi sebagian orang berpendapat bahwa menjaga penampilan adalah penting. Mengapa? Hal ini karena sebagian orang berpendapat bahwa terkadang penampilan menunjukkan gambaran dari diri kita. Dan penampilan kitalah yang pertama kali akan dinilai oleh orang yang melihatnya.

Akan tetapi, terkadang kita tidak percaya diri dengan penampilan kita karena bagian tubuh tertentu kita yang mengganggu. Sebut saja bagian perut dan pinggang, yang sering menjadi tempat bertimbunnya lemak-lemak. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang?

ilustrasi Lemak Perut dan Pinggang
ilustrasi Lemak Perut dan Pinggang (pic: images-prod.healthline.com)

Sebelum mengetahui cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang, ada baiknya kita kenali dulu penyebab besarnya perut dan pinggang kita. Banyak faktor yang mengakibatkan tubuh kita menjadi besar/ kegemukan.

Beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan yaitu: faktor gen atau keturunan, faktor pola makan yang kurang sehat, dan faktor kurang berolahraga. Selain itu faktor penggunaan obat tertentu serta faktor psikis juga dapat berpengaruh terhadap kegemukan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak Di Perut Dan Pinggang?

Berikut ini 6 cara alami yang aman untuk dilakukan di rumah untuk membakar lemak pada tubuh anda:

1. Mengatur Pola Makan Sehari-Hari

Pola makan yang berlebihan dapat menyebabkan timbunan lemak semakin menumpuk. Penting untuk dilakukan yaitu mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Fungsi serat yaitu untuk melancarkan buang air besar. Selain itu serat juga dapat membuat rasa “kenyang” lebih lama. Serat dapat ditemukan dalam sayuran brokoli, alpukat, kol, kailan, kacang kapri, dan kubis Brussels.

2. Mengurangi Cemilan

Kebiasaan mengemil itu suka bikin kita lupa diri. Yang awalnya hanya memiliki keinginan sedikit tapi lama-lama bisa menjadi bukit lemak. Kamu ingin tahu cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang bukan? Jika iya, kurangilah kebiasaan mengemil kamu. Atau jika tidak bisa menghentikan kebiasaan mengemil, coba gantilah menu cemilan kamu dengan buah-buahan yang kaya akan serat.

3. Hindarilah Makanan Siap Saji

Tahukah kamu makanan siap saji memang terasa nikmat untuk jadi menu makanan. Sebut saja mie instan, spagheti, burger dan pizza. Makanan tersebut terasa lezat, akan tetapi kandungan lemak dan karbohidratnya sangatlah tinggi. Kandungan yang ada dalam makanan siap saji sulit untuk dicerna sehingga mudah menimbun lemak dalam tubuh.

4. Sering Bergerak

Olahraga atau sering bergerak merupakan cara menghilangkan lemak di perut dan pinggang yang efektif. Terutama olahraga kardiovaskular. Dengan melakukan olahraga ini akan membuat jantung mempompa lebih cepat. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk membakar kalori dalam tubuh. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka lemak di pinggang dan perut dapat mengecil.

5. Lakukan Olahraga Bergantian

Melakukan olahraga yang rutin dapat membuat anda bosan, maka lakukanlah berbagai jenis olahraga yang anda sukai secara bergantian. Misalnya hari ini anda melakukan jogging, besok anda bisa mencoba berenang, yoga, situp, pushup, dan senam erobik. Olahraga tersebut dapat membakar lemak di pinggang secara efektif.

6. Konsumsi Air Putih

Yang sering terlupakan yaitu meminum air putih secara rutin. Padahal dengan mencukupi kebutuhan harian air dalam tubuh, dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh yang dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh

7. Kurangi Stres/ Perbanyak Berpikiran Positif

Berpikiran negatif dapat membuat tubuh menjadi tegang dan stres. Hormon adrenalin dan kortisol dikeluarkan tubuh saat kita merasa stress. Tubuh kita menyimpan hormon tersebut di daerah pelvis, sehingga dapat menyebabkan “pinggang besar”.

Kekurangan jam tidur juga dapat memicu pelepasan hormon stress yang bisa menyebabkan pinggang dan perut besar. Itulah cara menghilangkan lemak di pinggang dan perut yang mudah untuk dilakukan, semoga bermanfaat.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *