Mengkonsumsi Mie Instan Tidak Berbahaya?

info-sehat.com – Mengkonsumsi Mie Instan Tidak Berbahaya? Kok bisa! Mie instan merupakan makanan yang cepat saji yang nikmat dikonsumsi baik dikonsumsi oleh semua kalangan tua dan muda, simiskin dan si kaya.

Banyak sekali saat ini varian dari mie instan tersebut. Seiring dengan banyaknya varian, timbullah beberapa pendapat tentang bahayanya mengkonsumsi mie instan.

Ada yang bilang mie instan penyebab terganggunya pencernaan (lambung) dan bahayanya lebih parah lagi bisa menyebabkan kanker usus. Terkait benarkah informasinya, mar kita simak aja ulasan berikut.

Mengkonsumsi Mie Instan Tidak Berbahaya
Mie Instan (pic: instagram @anakmieinstan)

Menurut informasi beberapa orang menyatakan mie instan itu berbahaya bagi tubuh karena mie instan mengandung zat lilin. Sob tahukah kamu kalau zat lilin tersebut sangat sulit dicerna tubuh dan bahayanya lagi zat lilin tersebut bisa menyebabkan tubuh kita terkena kanker loh sob, penyebabnya karena zat lilin tersebut menganggu pencernaan tubuh khususnya pencernaan pada lambung kita.

Selain itu sob mie instan juga memiliki kandungan natrium yang berlebih, natrium yang berlebih dapat menyebabkan maag seseorang menjadi kambuh dan bahayanya lagi bisa menyebabkan hipertensinya meningkat.

Sob tahukah kamu kalau bumbu mie instan juga mengandung karsinogen pembawa kanker. Lah kok bisa?? Hal ini karena bumbu tersebut mengandung MSG yang apabila dimasak dengan mie instannya sekali sampai suhu 120 derajat celcius dapat berpotensi manjadi karsinogen hal ini tentu saja akan menyebabkan timbulnya penyakit kanker pada tubuh kita.

Wah bahaya ya sob jadi jika ingin aman dikonsumsi, jangan di masak bersamaan dengan bumbunya, tapi masaklah terlebih dahulu setelah mie instan matang barulah kita masukan bumbunya.

Ada juga tuh sob yang menginformasikan bahwa jika memasak mie instan jangan mengunakan air rebusan yang sama hal ini karena air rebusan mie instan yang berwarna kuning mengandung zat lilin, sebaiknya air rebusan tersebut diganti dengan air rebusan yang lain atau mengunakan air termos yang masih panas untuk menyajikannya.

baca juga: bahaya mie instan

Prof.Dr.F.G.Winarno adalah Ketua Dewan Pakar PIPIMM atau Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman mengenai mie instan dan juga Mantan Presiden Codex Dunia. Beliau menyatakan itu sob mie instan (indomie) mengandung lilin sehingga waktu direbus airnya menguning itu tidak benar.

Pada dasarnya mie instan tidak menggunakan lilin. Lilin merupakan senyawa inert yang melindungi makanan agar tidak cepat busuk dan basah yang terdapat pada makanan alami seperti kobis dan apel.

Ketika kita mencuci apel maupun kobis makanan tersebut tidak langsung basah dan apabila kita gosok si apel maka akan mengkilap, itulah lilin yang diciptakan oleh alam.

Mie Instan Tidak Berbahaya

Pernyataan yang menyatakan mie instan mengandung bahan pengawet agar bisa tahan lebih lama itu juga tidak benar loh sob. Dengan mengunakan metode Deep Frying, lah metode apalagi tu sob.

Metode deep frying merupakan metode untuk istilah mengurangi kadar air pada mie instan hingga sekitar 5%, setelah itu mie instan juga melalui tahapan metode air hot drying, lah apalagi tu. Metode air hot drying merupakan istilah untuk pengeringan dengan menggunakan udara panas.

Sob tahukah kamu Pernyataan tentang air rebusan yang dipakai untuk merebus mie instan lebih baik dibuang diganti dengan air lain juga ternyata salah loh, menurut pakarnya air rebusan yang digunakan untuk merebus mie instan mengandung betakaroten serta tecoferol dalam minyak yang berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Apabila air rebusan dibuang tentu saja mengakibatkan kandungan vitamin di dalamnya hilang. Selain itu Pernyataan yang menyatakan styrofoam sebagai tempat mie instan berbahaya bagi kesehatan, apalagi dipanaskan di dalam styrofoam cup tersebut.

Nah, Styrofoam yang dipakai untuk kemasan mie instan cup terbukti aman digunakan, karena telah melalui standar BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan) karena cup yang digunakan merupakan cup styrofoam khusus untuk makanan.

Selain expandable polysteren yang digunakan telah melalui Japan Environment Agency sehingga telah memenuhi syarat untuk pengemasan produk pangan. Berdasarkan itu maka kemasan cup yang digunakan mie instan dinyatakan aman digunakan.

Pernyataan yang menyatakan mie instan berbahan baku karet juga tidak benar, di dalam mie instan terbuat dari bahan-bahan yang memiliki kualitas tinggi dan pilihan, antara lain seperti tepung terigu yang sudah difotifikasi dengan zinc, vit. B1&B2, zat besi serta asam folat.

Bumbunyapun melalui proses yang panjang, melalui proses pengeringan yang dilakukan dengan dua metode seperti di atas tadi. sehingga jika mie instan terasa kenyal karena memang menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Semoga menjadi bahasan yang menarik untuk kita semua ya…amin, tentunya jangan takut lagi mengkonsumsi mie instan. Jadikan pilihan tepat jika istri dirumah tidak masak ya…he…just kidding. (raff)

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *