Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

info-sehat.com – Kista merupakan salah satu penyakit yang ditakuti para wanita selain kanker payudara dan kanker serviks. Dalam ilmu medis, kista adalah timbulnya struktur abnormal menyerupai kantung yang ditemukan di dalam tubuh.

Jika selama ini kita hanya mengenal kista ovarium, ternyata ada banyak jenis kista tergantung tempat dimana ia tumbuh seperti: kista kandung kemih, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista tiroid, dan lainya. Untuk itu sebaiknyaanda mengetahui pantangan makanan bagi penderita kista.

ilustrasi makanan ( pic: pexels.com )

Kista ovarium sendiri secara umum terbagi menjadi dua jenis yakni kista fungsional dan kista organic/kista abnormal. Kista fungsional terjadi ketika folikel pada ovarium tidak dapat terpecah dengan sempurna sehingga cairan menetap pada dinding ovarium.

Kista jenis ini akan menimbulkan masalah jika tidak kunjung hilang dalam 2-3 periode menstruasi. Sementara itu, kista organik/kista abnormal adalah tumbuhnya sel abnormal atau tumor jinak.

Gejala yang ditimbulkan antara lain: kembung, nyeri haid, menstruasi tidak teratur, nyeri saat buang air kecil, mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda mengalami gejala – gejala demikian, penting untuk segera memeriksakan diri.

Karena apabila memang terindikasi terdapat kista, dokter akan memberikan tindakan lebih lanjut. Sementara Anda melakukan terapi pengobatan, ada baiknya untuk mencatat beberapa pantangan makanan bagi penderita kista dibawah ini.

Catat! Pantangan Makanan Bagi Penderita Kista

1. Kacang Kedelai

Salah satu pencetus kista adalah ketidakseimbangan hormone dalam tubuh. Kedelai memiliki kandungan senyawa fitoestrogen yang memicu kadar estrogen dan xenoestrogens tidak seimbang.

2. Tauge, Sawi Putih, Dan Kangkung

Sayur memang makanan sehat paling utama yang wajib ada dalam menu makanan sehari-hari. Namun, ketiga sayur ini tidak dianjurkan dikonsumsi bagi penderita kista karena akan menghambat penyerapan obat kista. Sedangkan tauge dikatakan memang mengandung zat penyebab tumor.

3. Durian, Nangka, Kelengkeng, Duku, Dan Nanas

Dalam metode pengobatan Cina, buah-buahan tersebut bersifat panas sehingga kurang tepat dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan. Jenis buah-buahan tersebut mengandung alkohol alami yang justru memicu perkembangan tumor dan kanker.

4. Daging

Kenapa daging? Biasanya daging ternak telah terkontaminasi oleh zat-zat kimia entah itu dari pakan, suplemen maupun obat-obatannya. Jika ingin lebih aman, Anda dapat mengonsumsi daging organik bebas lemak dan kolestrol. Tetapi dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda.

5. Seafood

Pantangan makanan bagi penderita kista selanjutnya adalah seafood. Seperti yang telah diketahui bahwa seafood mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Sebagai gantinya, Anda dapat memperoleh asupan lemak tak jenuh yang lebih aman dari tumbuh-tumbuhan.

6. Makanan Kaleng, Fast Food (Junk Food)

Dalam keadaan apapun, jenis makanan tersebut memang sebisa mungkin untuk dihindari. Selain mengandung bahan pengawet, komposisi perasa atau yang sering kita sebut micin juga sangat tinggi. Tentu saja akan memperburuk kesehatan kita termasuk membantu pertumbuhan kista.

7. Minuman Beralkohol, Soda

Sama seperti jenis makanan junkfood, minuman beralkohol dan soda juga tidak baik bagi kesehatan. Terlebih jika Anda sedang menderita penyakit apapun termasuk kista, kedua minuman tersebut “haram” dikonsumsi.

8. Makanan Yang Diolah Dengan Cara Digoreng Dan Dibakar

Makanan yang diolah dengan cara digoreng cenderung mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sedangkan makanan yang diolah dengan cara dibakar bersifat karsinogenik. Keduanya jenis makanan tersebut memicu tumbuhnya sel kanker dan tumor dalam tubuh.

9. Makanan Dan Minuman Yang Diolah Menggunakan Wadah Plastik

Partikel-partikel pada wadah plastik ketika terkena panas akan menempel pada makanan yang akan Anda konsumsi. ketika masuk ke dalam tubuh, partikel tersebut merupakan benda asing yang tidak dapat dicerna sehingga akan menumpuk dan memperburuk kista.

Demikian beberapa pantangan makanan bagi penderita kista yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan pengobatan yang sedang Anda jalani.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *