Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Glaukoma

infoSehat – Apa itu gangguan mata Glaukoma? inilah penyebab dan cara Mengatasinya dengan mudah. Pernahkah Anda mendengar tentang gangguan mata glaukoma? Gangguan mata ini terjadi karena kerusakan saraf pada mata. Glaukoma biasanya disebabkan karena bola mata mengalami tekanan yang semakin meningkat.

Glaukoma bisa terjadi pada berbagai macam usia. Namun, gangguan mata ini paling sering ditemukan pada orang tua.Gangguan mata ini memiliki dua jenis yaitu glaukoma akut dan glaukoma kronis. Untuk glaukoma akut, ini terjadi secara tiba-tiba saja. Sedangkan glaukoma kronis terjadi secara perlahan-lahan.

Penyebab Penyakit Mata Glaukoma

Penyebab gangguan mata glaukoma atau tekanan bola mata yang tinggi disebabkan karena bilik mata yang tertutup oleh sesuatu. Karena itu, cairan mata akan menjadi tidak lancar dan bisa menumpuk pada satu bola. Akhirnya, sudut antara kornea dan iris mata akan menjadi tetap terbuka.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Glaukoma
ilustrasi Mata Glaukoma (pic: new-glaucoma-treatments.com)

Penyebab glaukoma bisa dibedakan sesuai dengan jenis glaukoma yang dialami, yaitu:

  1. Glaukoma sudut primer terbukaPenyebab dari gangguan mata glaukoma ini adalah cairan mata yang dibentuk di bagian kornea dan iris mata tetap terbuka. Namun, saluran air pada sudut mata justru tertutup. Ini akan menyebabkan cairan mata yang seharusnya keluar tidak bisa keluar dan akan masuk kembali ke bagian mata. Tekanan inilah yang kemudian akan menyebabkan gangguan glaukoma.
  2. Glaukoma sudut tertutupPenyebab dari glaukoma jenis ini adalah terbentuknya iris yang lebih maju dan menonjol. Cairan yang seharusnya keluar akan mengalir dengan lambat. Tipe glaukoma ini adalah tipe yang paling banyak ditakuti karena tidak menimbulkan gejala khusus.
  3. Glaukoma tegangan normalGlaukoma ini disebabkan karena kondisi optik mata yang sensitif dan jumlah darah yang masuk pada bagian mata tidak mengalir dengan baik. Akhirnya, pasokan darah pada arteri mengalir lambat.
  4. Glaukoma pada anakGlaukoma yang terjadi pada anak-anak disebabkan karena faktor bawaan. Selain itu, glaukoma bisa terjadi karena penyumbatan pada bagian sudut mata yang menyebabkan optik dan syaraf mata menjadi rusak.

Cara Mengatasi Gangguan Mata Glaukoma

Glaukoma menjadi gangguan yang menyerang mata dengan tingkat kebutaan paling banyak kedua di dunia setelah katarak. Meskipun glaukoma merupakan penyakit yang bisa dicegah, namun akan lebih baik lagi jika diredakan kondisinya setelah terdeteksi dari awal. Bagaimana cara mengatasi gangguan mata glaukoma?

  1. 1. Glaukoma akutUntuk pengobatan glaukoma akut, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi glaukoma. Terapi ini dilakukan menggunakan obat tetes mata, obat suntik, maupun pembedahan. Untuk pertolongan pertama pada glaukoma akut bisa dilakukan dengan mengompres mata dan kepala menggunakan air dingin atau minum obat pereda nyeri.
  2. Glaukoma KronisTerapi glaukoma kronis bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan ataupun melalui prosedur pembedahan. Terapi obat-obatan biasanya ditujukan untuk kasus yang masing ringan. Jika pengobatan belum efektif dan gejalanya meningkat, maka bisa dilakukan dengan menambah obat lain. Jika tekanan bola mata sudah tidak bisa dikontrol, maka prosedur operasi bisa dijalankan.

Mengingat masalah kesehatan mata memang seringkali terjadi pada banyak orang, maka Anda bisa melakukan pencegahan terhadap gangguan mata glaukoma. Lakukan pencegahan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung ke mata, perbanyak mengkonsumsi vitamin A dan C, dan hindari asap rokok.

About the author: infosehat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *