Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Katarak

infoSehat -Katarak merupakan salah satu istilah yang seringkali didengar dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan salah satu jenis gangguan mata yang beresiko mengakibatkan kebutaan bagi para penderitanya. Gangguan mata katarak seringkali dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, atau 40 tahun ke atas.

Selain menyebabkan kebutaan, katarak juga bisa membuat cacat penglihatan permanen. Penyakit ini akan membuat lensa mata mengalami kekeruhan. Lensa mata yang berada di bagian iris dan pupil akan menjadi keruh dan pandangan mata bisa terpantul dengan tidak baik.

Penyebab Gangguan Mata Katarak

Gangguan mata katarak  adalah kondisi di mana lensa mata akan berawan dan keruh. Penderita dari penyakit katarak akan merasa seperti melihat jendela yang berasap. Akibat gangguan mata ini, penderita akan kesulitan membaca ataupun melakukan aktifitas lainnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Katarak
ilustrasi Mata Katarak (pic: ranelle.com)

Beberapa penyebab dari gangguan mata katarak adalah sebagai berikut:

  1. Protein yang menggumpal pada lensa mataIni akan membuat benda akan menjadi terlihat kurang tajam dan kurang jelas.
  2. Lensa yang berubah warna menjadi kecokelatanProtein yang menggumpal di mata lama kelamaan akan membuat lensa mata yang tadinya jernih menjadi kuning kecokelatan.

Sebagian besar penyebab dari gangguan mata katarak adalah karena bertambahnya usia. Semakin bertambahnya usia, maka lensa akan menjadi tidak fleksibel karena tebal. Ini akan membuat gumpalan protein dan mengurangi cahaya yang masuk ke retina.

Akhirnya, pandangan akan menjadi kabur dan tidak tajam. Perubahan pada lensa diawali dengan warna kuning dan akhirnya akan berubah menjadi kecokelatan.

Cara Mengatasi Gangguan Mata Katarak

Biasanya, penyembuhan gangguan mata ini bisa dilakukan melalui terapi. Namun jika penglihatan mata terganggu secara terus menerus dan mengganggu aktivitas harian Anda, Anda bisa melakukan operasi.

Operasi katarak aman dilakukan dan tidak membutuhkan waktu penyembuhan yang lama bahkan rawat inap. Terdapat dua jenis prosedur operasi yang bisa dilakukan.

  1. Small Incision Cataract Surgery. Operasi ini dilakukan menggunakan insisi kecil di tepi kornea. Dokter akan menyinarkan gelombang ultrasound yang akan menghancurkan lensa dan diambil menggunakan alat penghisap.
  2. Ekstracapsular surgery. Prosedur operasi ini membutuhkan insisi yang lebar. Ini dilakukan untuk mengeluarkan inti pada lensa yang berkabut. Sisa lensa kemudian akan dikeluarkan menggunakan alat penghisap.

Kedua jenis operasi tersebut aman dilakukan. Selama proses operasi, lensa buatan dimasukkan untuk menggantikan lensa asli. Operasi katarak membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam tanpa menimbulkan rasa nyeri. Dokter akan menggunakan obat tetes mata untuk membuat Anda menjadi tetap sadar dan menggunakan anestesi agar Anda tidak merasakan sakit.

Pengobatan gangguan mata katarak  di rumah bisa dilakukan dengan melindungi mata dari benturan cahaya matahari. Pertahankan pula kadar gula dalam darah. Perbaiki cahaya di rumah Anda dan batasi menyetir di malam hari.

About the author: infosehat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *