Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Rabun

infoSehat – Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Terdapat berbagai macam  gangguan mata yang sering terjadi pada manusia. Salah satu gangguan mata yang paling sering dialami adalah rabun senja.

Rabun senja atau nyctalovia merupakan kondisi mata yang redup atau tidak bisa melihat dengan sempurna. Kondisi ini juga sering disebut dengan nama rabun ayam karena tidak bisa melihat dengan baik pada waktu senja.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Mata Rabun
ilustrasi Mata Rabun (pic: vkool.com)

Penyebab Gangguan Rabun Senja

Rabun dekat atau yang lebih dikenal dengan nama rabun senja bisa terjadi karena sel-sel batang yang tidak bisa merespon cahaya dengan baik. Beberapa penyebab terjadinya rabun senja pada seseorang adalah sebagai berikut:

  1. Kekurangan Vitamin A. Penyebab utama gangguan pada retina adalah karena kekurangan vitamin A. Mata membutuhkan pigmen sel-sel batang dimana pigmen tersebut dihasilkan oleh vitamin A.
  2. Operasi Berat. Rabun senja juga bisa disebabkan karena operasi berat seperti usus, hati, dan pankreas.
  3. Menderita Glaukoma. Rabun senja terjadi karena seseorang menderita penyakit glaukoma atau saraf mata. Obat yang digunakan untuk menyembuhkan glaukoma bisa membuat keratomalacia yaitu gangguan yang terjadi pada bola mata.
  4. Menderita Diabetes. Kondisi diabetes yang kronis bisa mengakibatkan rabun senja bahkan kebutaan.
  5. Menderita Miopi. Orang yang menderita rabun jauh atau miopi juga berpotensi mengalami rabun senja.
  6. Menderita RP atau Retinitis Pegmintosa. Orang yang menderita penyakit turunan ini mengalami pigmen warna yang gelap sehingga bisa memicu terjadinya penyakit rabun senja.
  7. Terlalu Stress. Faktor psikologis seperti mengalami stress, cemas dan takut kegelaman juga bisa menjadi pemicu terjadinya rabun senja.

Cara Mengatasi Gangguan Rabun Senja

Penderita rabun senja akan merasa tidak nyaman. Penyakit ini akan mengganggu aktivitas harian terutama di waktu malam hari. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Karena jenis rabun senja ada bermacam-macam, cara penanganannya pun disesuaikan dengan jenisnya.

  • Jika penderita rabun senja mengalami katarak, maka cara pengobatannya adalah dengan melakukan operasi penggantian lensa mata yang sudah keruh.
  • Jika penderita rabun senja menderita gangguan Keratonocus ringan, penggunaan lensa mata atau kacamata bisa dilakukan. Akan tetapi, cara ini kurang efektif. Anda bisa memilih untuk melakukan operasi untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.
  • Untuk penderita rabun jauh yang mengalami gangguan miopi, maka untuk mengatasinya bisa memakai kacamata ataupun lensa mata dengan lensa sesuai jenis minusnya.
  • Bagi penderita rabun senja yang mengalami kekurangan vitamin A, perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A.
  • Untuk penderita rabun senja yang mengalami masalah glaukoma, maka cara pengobatannya adalah dengan menggunakan obat tetes mata sesuai dengan resep dari dokter.

Kenali gangguan mata yang terjadi pada Anda. Jangan sampai Anda membiarkan gangguan mata yang berkepanjangan karena akan membuat gangguan tersebut menjadi semakin berat.

About the author: infosehat

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *