Tips Mencegah Osteoporosis Secara Alami

info-sehat.com – Tidak sedikit orang yang melupakan kesehatan tulangnya. Padahal tulang sangat berperan penting dalam aktivitas keseharian. Pasalnya tulanglah yang akan membuat tubuh kita bisa berdiri tegak. Tanpa tulang manusia tidak akan hidup. Karena kelalaiannya tersebut banyak orang lanjut usia dan kaum hawa terkena osteoporosis.

Osteoporosis merupakan penyakit yang menyerang tulang manusia dikarenakan berkurangnya massa tulang atau pemadatan tulang sihingga rapuh. Orang yang mengidap osteoporosis harus memperhatikan betul aktivitas yang dilakukan sehari–hari, karena penderita akan mudah sekali mengalami patah tulang.

Tips Mencegah Osteoporosis Secara Alami
ilustrasi Osteoporosis (pic: asset.winnetnews.com)

Berbahaya bukan? Maka dari itu jagalah kesehatan tulang anda mulai dari sekarang dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Karena kalsium sangat baik bagi pembentukan dan pengokohan tulang.

Sebelum berajak mengenai tips untuk mencegah secara alami, alangkah baiknya kita mengetahu beberapa faktor yang menyebabkan Osteoporosis, sehingga kita dapat menghindarinya.

  • Merokok, Kopi dan Minuman keras
  • Faktor usia (wanita diatas 30 tahun)
  • Kekurangan hormon, kalsium dan olahraga
  • Berat badan
  • Siklus Menstruasi yang tidak normal
  • Dan masih bayak lainnya.

baca juga: cara menambah massa otot untuk orang kurus

Berikut adalah pencegahan dengan metode alami, yang telah saya rangkum menjadi beberapa poin penting.

1) Konsumsi Kalsium yang Cukup

Tulang sangat membutuhkan kalsium sebagai nutrisi agar tulang menjadi kokoh dan tidak mudah patah. Penelitian menyebutkan bahwa minimal untuk mengkonsusumsi kalsium yakni sebesar 1000 sampai 1500 ml gram untuk setiap harinya.

Banyak sekali makanan yang kaya mengandung kalsium diataranya telur, ikan laut, susu, yougurt, kacang kedelain dan sejenisnya.

2) Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga memang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk dilakukan. Pasalnya dengan olahraga tubuh anda menjadi sehat dan akan lebih segar. Selain itu ilahraga juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

Olahraga yang disarankan agar terhindar dari osteoporosis adalah angkat beban. Angkat beban sangat baik untuk tulang, dengan melakukan angkat beban akan menjadikan tulang kita lebih padat dan kuat. Selain angkat beban olahraga yang baik untuk tulang adalah jogging, bersepeda, dan olahraga lainnya.

3) Sinar Matahari yang Cukup

Tips selanjutnya yakni mendapat sinar matahari. Secara tidak langsung sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh. Vitamin D tersebut berfungsi untuk memproses atau menguraikan kalsium yang baik untuk tulang.

Sinar matahari yang dianjurkan adalah dibawah pukul sembilan. Karena pada jam tersebut sinar matahari masih cukup hangat dan tidak terlalu panas. Berjemurlah minimal 10 menit setiap paginya. Jangan terlalu lama, karena semakian siang sinar matahari akan semakin panas dan tidak baik untuk kulit kita.

4) Hindari Diet Ketat

Diet merupakan hal yang banyak dilakukan oleh kaum hawa yang memiliki berat berlebih. Diet secara wajar sangatlah dianjurkan. Namun, jika anda melaukan diet secara ketat atau ekstrim sebaiknya jangan dilakukan. Karena diet secara ketat akan menjadikan tubuh anda kehilangan vitamin ataupun nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama kalsium.

5) Jaga Berat Badan

Tips yang terahir adalah menjaga / kontrol berat badan. Karena kebanyakan orang yang kegemukaan atau obesitas pasti terkena osteoporosis. Sebaiknya jagalah berat badan anda agar tulang anda tidak terlalu membawa beban yang terlalu berat.

Semoga info ini dapat sedikit membatu dan menambah wawasan anda mengenai kesehatan. Walaupun alami dan mudah sekali dilakukan namun cara diatas sangat efektif agar terhindar dari osteoporosis.

Recommended For You

info.sehat

About the Author: info.sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *